Cyber HackinG™ | Komunitas Forum Indonesia
CYBER HACKING™

© 2009-2013

==========================================

Selamat datang di forum

Cyber HackinG™

FREE Forum, Download Center, Aplikasi, Softwares, Handphone, Smartphone, PC, Trick and Tips & Trick Internet Gratis TELKOMSEL, TSEL FB, INDOSAT, THREE AXIS, XL, SMARTFREEN dll.

Silahkan REGISTER Dahulu.

=========================================


Perlu di Ingat bahwa MEMBER diharuskan

LOGIN
untuk mengunduh kontent didalam forum, dan untuk melihat image yg ada.

Contact Email : ch.indoforum@gmail.com

============================================
Copyright © Cyber HackinG™ 2009-2013.




FREE Forum, Download Center, Aplikasi, Softwares, Handphone, Smartphone, PC, Trick and Tips & Trick Internet Gratis TELKOMSEL, TSEL FB, INDOSAT, THREE, AXIS, XL, SMARTFREEN dll.
 
IndeksCalendarFAQPendaftaranLogin

Share | 
 

 [DICT] All about Domain & Hosting

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Sandford Guardian
Admin
Admin



PostSubyek: [DICT] All about Domain & Hosting   Tue Jun 21 2011, 07:23

Mari kita saling membantu, bagi yang belum mengerti silahkan konsultasi di sini.

Berikut istilah2 atau nama2 dalam dunia Domain & Hosting yang saya tau (mgkn ada yg mau menambah hehe). dan maaf jika saya salah (saya juga manusia biasa, hehe)

Tujuan: Agar agan2 bisa sharing, dan yang terpenting agan tidak mudah dibohongi oleh orang2 yg tidak bertanggung jawab.

Oke Langsung kita mulai. . Hehe

Apa itu colocation (server)?

Colocation adalah layanan dimana Anda menaruh server Anda di tempat kami. Kami memberikan listrik dan bandwidth agar server dapat berjalan/online. Manajemen server diserahkan kepada Anda sepenuhnya (unmanaged colo), kecuali jika layanan adalah managed colo maka kami membantu sejumlah manajemen server (lihat pertanyaan mengenai spesifikasi/cakupan layanan managed di bawah). Untuk jasa managed dikenakan biaya tambahan.

Apa itu layanan dedicated (server)?

Dedicated server adalah layanan di mana Anda menyewa server kami. Kami juga memberikan listrik dan bandwidth agar server dapat berjalan/online. Manajemen server diserahkan kepada Anda sepenuhnya (unmanaged colo), kecuali jika layanan adalah managed dedicated maka kami membantu sejumlah manajemen server (lihat pertanyaan mengenai spesifikasi/cakupan layanan managed di bawah). Untuk jasa managed dikenakan biaya tambahan.

Apa itu layanan VPS?

VPS (virtual private server) adalah layanan di mana Anda menyewa server virtual kami. Pada dasarnya layanan ini sama/mirip dengan dedicated server (lihat pertanyaan sebelumnya), namun servernya virtual bukan berupa server fisik dan kemampuan/spesifikasinya di bawah dedicated server namun harganya lebih ekonomis. Manajemen server diserahkan kepada Anda sepenuhnya (unmanaged VPS), kecuali jika layanan adalah managed VPS maka kami membantu sejumlah manajemen server (lihat pertanyaan mengenai spesifikasi/cakupan layanan managed di bawah). Untuk jasa managed dikenakan biaya tambahan.


Rack solution

Apa itu Rack Solution?

Rack solution adalah salah satu produk layanan kami. Anda menyewa rak server berukuran half-rack (20U) atau full-rack (42U), lalu di dalamnya Anda dapat mengisi beberapa server. Anda memperoleh space fisik, koneksi listrik, bandwidth IIX, dan bandwidth internasional.

Apa kelebihan dan kekurangan Rack Solution dibandingkan colocation/dedicated per server?

Jika jumlah server ada beberapa, Rack Solution lebih menghemat biaya.

Kerugiannya, Anda harus menyewa langsung half-rack atau full-rack.

Kenapa listrik yang diberikan untuk half-rack hanya 1000 watt? Dan full-rack hanya 2000 watt? Bukankah sebuah power supply PC standar sekarang 350-450W? Berarti 1 half-rack hanya muat 2, dan 1 full rack hanya muat 4-5?

Half-rack kami dirancang agar bisa muat s.d. 3-4 server dan full-rack hingga 6 server. Angka di power supply menunjukkan power maksimum. Umumnya pemakaian listrik sebuah server dengan kapasitas PSU 350-450W dalam kondisi normal hanyalah sekitar 200W.


Nameserver

Name Server biasa disingkat dengan NS adalah sebuah server yang melayani permintaan domain ke dalam IP Address server (hosting ) yang terkait dengan domain tersebut. Secara default apabila kita mendaftarkan sebuah domain, domain registrar akan memasukkan name server milik mereka, untuk dapat menggunakan domain tersebut “menunjuk” domain tersebut ke account hosting yang anda miliki nameserver harus dirubah menjadi nameserver milik perusahaan hosting anda.
Hosting anda akan membutuhkan minimal dua buah Name Server Authoritative yang menjawab permintaan dari internet terhadap domain anda. Informasi mengenai name server yang digunakan biasanya akan anda dapatkan pada saat account hosting anda diaktifasi oleh penyedia jasa hosting yang anda gunakan.
Dengan demikian apabila anda hendak memiliki sebuah situs internet, maka selain harus memiliki domain, anda juga harus memiliki hosting.


==================================================================
Apa yang kau Lihat, Tak sepenuhnya BENAR. Tapi apa yang kau Mimpikan Tak Sepenuhnya SALAH.  

My Blog
Kembali Ke Atas Go down
http://kzm-ajik.blogspot.com
Sandford Guardian
Admin
Admin



PostSubyek: Re: [DICT] All about Domain & Hosting   Tue Jun 21 2011, 08:03

TAMBAHAN

Disk Space
Disk space adalah ruang penyimpanan di mana Anda bisa meletakkan semua file", termasuk *.html, *.php, *.asp, *.mp3, *.avi, dllsb.

Bandwidth
Dalam definisinya, bandwidth bisa disebut data transfer. Artinya adalah penghitungan saat data dari hosting Anda dan sampai ke client. Satuan perhitungan bandwidth biasanya didasarkan pada Kilobytes.

Park Domain
Park domain adalah suatu fitur untuk meletakkan domain yg di miliki. Selama domain ini dalam keadaan parked, maka domain tersebut tidak bisa digunakan untuk membuat website, membuat email aliassing, dan lain sebagainya. Jadi intinya, domain tersebut hanya menempati rumah.

Add On Domain
Add on domain, sama seperti domain parking, tapi bedanya, add on domain ini bisa digunakan selayaknya domain yang ada. Bisa digunakan untuk membuat website, email aliassing, dll

Offshore
Offshore hosting adalah layanan hosting yang tidak peduli dengan pelanggaran hak cipta, spam , ataupun semua hal yang illegal.

Unlimited
Definisi UNLIMITED ini belum tentu unlimited, biasanya 1T di bilang Unlimited karena penggunaan user yang umumnya jarang melampaui 1T

Unmetered
tidak jauh dari unlimited kok, cuma biasanya disini provider uda bilang or nulis or ngasi tau ekspektasi besaran dari yang namanya unmetered, misal dalam case bandwidth, 10Mb/s unmetered dalam sbulan km bisa expect buat dapet maksimal 3300Gb bandwidth, itu juga kl dedicated, kl shared ya paling km bisa dapet maksimal kl lagi waktu2 tertentu pas lagi usernya lagi sepi

Shared Hosting
Shared hosting itu adalah satu / lebih dari satu dedicated server yang dibagi (dalam hal space) kepada tingkatan terkecil dari sebuah hosting untuk dijadikan tempat bernaung bagi sebuah website. shared hosting biasanya turunan langsung dari dedicated server yang dibagi menjadi vps dan dibagi lagi menjadi shared hosting, atau dari dedicated server dibagi menjadi beberapa master account, lalu menjadi reseller, lalu menjadi shared hosting. buat info tambahan, kalau dedicated server dibagi langsung menjadi shared hosting dan ga ada anak2nya lagi itu biasanya disebut dedicated shared hosting, ada beberapa provider diluar yang nyediain paket ini, biasanya diperuntukan buat website yang trafficnya bner2 gede atau buat ngejalanin software / aplikasi tertentu yang membutuhkan sumber daya lebih.


Virtual Private Server
virtual private server adalah clone dari sebuah dedicated server yang dibagi secara virtual dan terpisah secara sistem. virtual private server biasanya diperuntukan buat yang ingin lebih bereksplorasi atau ingin lebih menggunakan hosting lebih dari sekedar untuk website biasa. dalam penggunaannya virtual private server diberikan privilage sebagai root agar bebas untuk menentukan software / aplikasi apa yang ingin diinstall pada virtual server tersebut. kebanyakan dari virtual server sudah dibagi menjadi spek2 tertentu seperti space dan memory. tapi dalam hal penggunaan cpu, yang biasa kita liat adalah equal share. misalnya: 10Gb space, 1Gb guaranteed / dedicated memory, equal share cpu. kebanyakan dari provider vps menempatkan antara 20 - 30 vps dalam 1 dedicated server. jadi ada baiknya buat yg pengen coba vps nanya dulu ke provider tentang spek cpu, brp vps dalam 1 dedicated server, maksimal penggunaan cpu untuk 1 vps, dan maksimal penggunaan cpu disaat jam2 sepi (burstable). ada juga yg menyebut vps dengan sebutan vds (virtual dedicated server), kl menurut gw virtual dedicated server itu lebih kepada dedicated resource yang diberikan untuk 1 vps. misal 10Gb space, 1Gb memory, 2Ghz cpu.

Dedicated Server
sebuah mesin komputer bener2 utuh, ga dibagi resourcenya, kl km punya Pentium 4 3.0 Ghz dengan memory 2Gb dan HDD 160Gb ya brarti itulah spek dedicated server km.


Colocation
yang gw tau c ini isinya rak alias rumahnya si dedicated server, jadi nyediain ruang buat penempatan dedicated server, trus nyediain powernya, nyediain bandwidth buat melanglang dunia, staff dan teknisi buat perawatan atau troubleshooting dedicated server. kumpulan colocation itu biasanya disebut colocation center / data center. didalem datacenter itu dingin banget loh soalnya kl ga dingin banget ntar bisa meledug tuh komputer2 yg ada didalemnya, hehe...


Bandwith Limit Exceed
Artinya adalah jatah bandwidth Anda perbulan sudah habis. Maka, situs Anda akan temporary disabled sampai jatah bandwidth Anda di reset kembali oleh hosting Anda. Biasanya bandwidth reset dilakukan awal bulan atau ditanggal saat Anda melakukan order hosting.

==================================================================
Apa yang kau Lihat, Tak sepenuhnya BENAR. Tapi apa yang kau Mimpikan Tak Sepenuhnya SALAH.  

My Blog
Kembali Ke Atas Go down
http://kzm-ajik.blogspot.com
 
[DICT] All about Domain & Hosting
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Link Alternatif {DOMAIN}(FREE)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Cyber HackinG™ | Komunitas Forum Indonesia :: ZONA WAPMASTER :: Hosting & Domain-
Navigasi: